Tak Masuk DPT, Bupati Daria Tetap Berikan Suara

Posted On April 9, 2009

Filed under Berita

Comments Dropped leave a response

Tak Masuk DPT, Bupati Daria Tetap Berikan Suara

KAMIS, 09-04-2009 13:11

Oleh : Yustin MS

LINGGA – Setelah melakukan rapat mendadak pada Kamis (8/4/2009) di hotel Lingga Pesona Daik dengan melibatkan Panwaslu, PPK dan KPPS serta Dinas Kependudukan Catpil, KPUD Lingga akhirnya memutuskan Bupati Lingga H. Daria, yang sebelumnya tidak masuk DPT Kabupaten Lingga, tetap bisa memberikan suaranya pada Pemilu Legislatif 2009, berlangsung hari ini, Kamis (9/4/2009). Nama Daria dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan.

Terkait diakomodirnya nama Daria dalam DPT tambahan, Ketua KPUD Lingga Zaitun Sag yang dikonfirmasi portal ini melalui ponselnya tidak mendapat jawaban. Pesan singkat atau SMS yang dikirm juga, hingga berita ini diturunkan, tidak mendapat balasan.

Ketua Panwaslu Lingga Rahmat SE dan anggota Panwaslu Abdul Latif mengatakan, tidak masuknya nama Daria dalam DPT adalah temuan pihaknya. “Kita surati KPUD setelah mengetahui nama Daria tidak masuk DPT. Akhirnya KPUD mengadakan rapat pleno. Ini murni kesalahan KPUD, sebab dalam daftar pemilih sementara nama Daria masuk. Akan tetapi setelah KPUD menetapkan DPT, nama Daria tidak ada,” ujar Rahmat  yang dikonfirmasi melalui telpon selulernya.

Disinggung sikap Panwaslu terkait masuknya nama Daria dalam DPT tambahan, Abdul Latif menegaskan, pihaknya akan manyurati masalah ini ke Panwaslu Provinsi dan Bawaslu. Dan lagi, kata Abdul Latif, sejak ditetapkannya nama Daria dalam DPT tambahan, pihaknya juga belum menerima surat tembusan dari KPUD.

Masih menurut Abdul Latif, kinerja KPUD terkait penetapan DPT tambahan tersebut telah menimbulkan masalah di tengah masyarakat. “DPT adalah penyempurnaan DCS, namum banyak nama di DCS tak muncul di DPT. Ini juga sudah kami laporkan,” jelasLatif.

Informasi yang berhasil dihimpun batamtoday di Daik, selain Bupati Lingga H. Daria, sejumlah pejabat kepala dinas dan Plt Sekda Lingga Usman Taufik juga tidak masuk dalam DPT. Namun, KPUD Lingga akhirnya memasukkan nama sejumlah pejabat tersebut dalam DPT tambahan.

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana hak pilih ratusan warga biasa yang tidak masuk DPT. Apakah KPUD Lingga juga berkenan memberikan rekomendasi memilih dengan istilah DPT tambahan?

Hingga berita ini dipubliskan, belum didapat jawaban atas pertanyaan tersebut. Sebab, Ketua KPUD Lingga Zaitun Sag yang dikonfirmasi portal ini melalui ponselnya, tidak mendapat jawaban.(btd/yustin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s