Selain Bupati, Ratusan Warga Lingga Juga Tidak Masuk DPT

Posted On April 8, 2009

Filed under Berita

Comments Dropped leave a response

Selain Bupati, Ratusan Warga Lingga Juga Tidak Masuk DPT

RABU, 08-04-2009 17:56

Oleh : Redaksi/Yustin MS

LINGGA – Menjelang detik-detik pelaksanaan Pemilu Legeslatif yang akan berlangsung besok, Kamis (9/4/2009), KPUD Lingga masih harus bekerja keras menghadapi tudingan miris yang dialamatkan warga. Pasalnya, ratusan warga Lingga yang memiliki hak pilih, tapi tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT). Ironisnya, nama Bupati Lingga H Daria sendiri, juga tidak masuk DPT Lingga pada Pemilu 2009 ini.

Kompalin warga baru muncul setelah KPUD melalui PPK dan PPS mengumumkan DPT di lokasi TPS dan ditempat-tempat umum. Sumber batamtoday di Kecamatan Senayang mengatakan, sedikitnya 500 warga di kecamatannya tidak masuk DPT. Padahal, kata sumber, warga tersebut bukan merupakan kali pertama ikut memilih.

“Pada Pemilu tahun 2004 silam kami sudah ikut emilih dan mendapat kartu pemilih termasuk Pilkada Lingga tahun 2005 lalu. Tapi sekarang nama kami tidak masuk DPT. Inikan lucu. Mestinya, sebelum menetapkan DPT, KPUD harus terlebih dahulu melakukan sosialisasi. Apa memang ada permainan dari parpol tertentu dengan KPUD, atas kehilangan suara di desa kami,” ujar sumber batamtoday yang mengaku tinggal di Desa Pulau Medang, Kecamatan Senayang dan memiliki KTP dari Disduk Lingga, kemarin.

Harusnya, kata dia, KPUD dapat menggunakan data lama sebagai acuan dan mengkros-cek kembali peserta pemilih setelah mendapat data baru dari Badan Kependudukan dan Catpil Lingga, sebelum menetapkan DPT.

“Kami mempertanyakan KPUD, apakah kami bisa ikut memilih jika tidak terdaftar di DPT?” ujar sumber itu mempertanyakan dan menuding ada oknum dari partai tertentu yang tidak menginginkan dia dan keluarganya ikut memilih.

Wakil Ketua LSM BPN, Nazruddin membenarkan bahwa warga Kecamatan Senayang banyak tidak masuk dalam DPT.

“Benar pak, banyak warga tidak masuk DPT. Di Pulua Buyu 30 orang, di pulau Medang 20 orang, di Pulau Dua 4 orang, di Rejai 50 orang dan di Kelurahan Senayang juga puluhan orang. Warga mengadu ke kita karena namanya tidak masuk DPT,” ujar Udin, sapaan Nazruddin, yang juga caleg dari partai PAN untuk Dapil I Lingga yang meliputi Kecamatan Lingga, Lingga Utara dan Senayang.

Data yang dihimpum portal ini, di Kecamatan Singkep ada anak sekolah SMP masuk DPT. Selain itu, warga yang sudah tiga tahun pindah ke Kota Batam juga masih masuk DPT Lingga.

Sementara, puluhan nelayan di Singkep tidak masuk DPT termasuk warga yang tinggal di Bukit Abun.

Sumber batamtoday di Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga mengungkapkan kejadian serupa. Pada DPT yang ditampilkan di tempat umum, bahkan nama pemilih yang tidak dikenal warga masuk DPT.

“Kacau juga di Lingga soal DPT, selain Bupati tidak masuk DPT, juga banyak warga yang tidak terdaftar. Lucunya, ada nama yang tidak dikenal warga, justru masuk DPT,” ujar Idrus Ahmad penasehat LSM BPN memberikan hasil pantauannya per telepon ke redaksi batamttoday langsung dari Daek, Rabu (8/4) siang tadi.

Ketua KPUD Lingga Zaitun S.ag, yang dikonfirmasi, Rabu (8/4) pukul 17.00 WIB tidak menjawab konfirmasi portal ini, meski nada sambung ke handphone-nya masuk. Pesan singkat atau SMS yang dikirim juga, Zaitun juga tidak mau membalas.

Konfirmasi batamtoday, pada Rabu (8/4/2009) pagi sekitar pukul 08.30 WIB terkait tidak masuknya nama BuPati Lingga H Daria dalam DPT, Zaitun mengatakan pihaknya akan melakukan rapat koordiansi dengan Panwaslu Lingga dan petugas di PPK dan PPS.

“Kami mohon pengertian semua pihak, kami akan rapat kordinasi dulu, kenapa sampai nama Bupati tidak masuk DPT,” pinta Zaitun

(btd/cr 02)

http://www.batamtoday.com/news/read/2009/04/0801/13682.Selain-Bupati,-Ratusan-Warga-Lingga-Juga-Tidak-Masuk-DPT.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s