Isu Kekayaan Kabid BM DPU Lingga Hingga Rp80 Miliar Menyeruak

Posted On April 8, 2009

Filed under Berita

Comments Dropped one response

Isu Kekayaan Kabid BM DPU Lingga Hingga Rp80 Miliar Menyeruak

SABTU, 04-04-2009 13:43

Oleh : Yustin MS

LINGGA – Benarkah Kepala Bidang Bina Marga, Cipta Karya dan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga memiliki kekayaan hingga Rp 80 miliar?

Sebuah pesan singkat yang diterima redaksi batamtoday menyebutkan, Kabid BM, CK dan SDA Dinas PU Lingga berinitial SN alias Jo memiliki kekayaan hingga Rp 80 miliar yang disimpan di salah satu bank swasta atas nama salah satu rekanan DPU Lingga yang berdomisili di Daek.

“Ini baru berita, salah satu pejabat eselon tiga di DPU Lingga punya kekayaan Rp 80 M, yang disimpan di salah satu bank atas nama orang lain. Yang punya Jo, uang itu dititipkan atas nama orang tua In, rekanan DPU,” demikian bunyi SMS yang diterima redaksi dari seorang warga.

Ditambahkan sumber itu, jika diperhatikan, sejak menjabat sebagai kepala bidang pada tahun 2006 lalu, In selalu mendapat proyek dari jabatan yang disandang Jo yang nota bene keponakan Bupati Lingga H Daria. Jo juga disebut-sebut sebagai perpanjangan tangan Bupati untuk membagi-bagi proyek kepada mitra-mitranya dengan koordinator SA yang juga ipar kandung Daria.

“Bagi-bagi proyek di DPU Lingga bukan cerita basi lagi. Jo adalah orang yang membagoi-bagi proyek. Soal pengumuman lelang, itu hanya administrasi saja, sebab pemenang sudah ditentukan Jo. Mungkin uang itu adalah hasil dari proyek selama tiga tahun,” ujar sumber itu.

Penasehat LSM BPN Idrus Ahmad tidak menampik isu bahwa pejabat di Lingga ada yang tiba-tiba kaya. “Isu pejabat punya aset Rp 80 miliarbesar kemungkinannya. Buktinya, hampir tiap tahun proyek di Lingga pura-pura dilelang tapi pemenangnya itu-itu saja, yakni SA yang jelas ponakan bupati. Juga tidak adanya klaim dari DPU Lingga atas proyek yang asal-asalan menjadi indikatornya,” ujar Idrus.

Soal melakukan korupsi bagi pejabat di kabupaten Lingga, ujar Idrus, bukan hal tabu lagi. Pasalnya, pejabat yang menduduki jabatan yang ada saat ini, hanya orang-orang dekat bupati. Kendati secara administrasi belum memiliki kelayakan untuk menjabat jabatan tertentu seperti mengikuti pendidikan Sepama atau Spamen untuk eselon III dan II, mereka tetap dipaksakan.

Idrus menambahkan, menyikapi kepemilikan aset pejabat yang tiba-tiba kaya, LSM BPN saat ini berencana membuat tim audit khusus mengkaji kekayaan pejabat, yang nota bene pejabat tersebutjuga belum membuat laporan harta kekayaannya ke KPK.

Hingga berita ini dirilis, Jo belum berhasil dihubungi. Nomor telepon selulernya berbunyi atas permitaan pelanggan, nomor yang anda hubungi tidak bisa saat ini.(btd/yusti)

http://www.batamtoday.com/news/read/2009/04/0401/13610.Isu-Kekayaan-Kabid-BM-DPU-Lingga-Hingga-Rp80-Miliar-Menyeruak.html

One Response to “Isu Kekayaan Kabid BM DPU Lingga Hingga Rp80 Miliar Menyeruak”

  1. rian

    kalau perlu semua pegawai di PU Lingga diaudit juga,soalnya bukan hanya pejabat eselon saja yang bermain tapi yang kroco juga ikut2an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s