Fantatis, 4 Tahun Kabupaten Lingga, Dugaan Korupsi Capai Rp 248 Miliar

Posted On Maret 27, 2009

Filed under Berita

Comments Dropped 3 responses

Fantatis, 4 Tahun Kabupaten Lingga, Dugaan Korupsi Capai Rp 248 Miliar

MINGGU, 10-08-2008 18:27

Oleh : redaksi

DABO SINGKEP – Fantastis. Itulah yang terucap dari bibir salah seorang kritikus atas nilai korupsi yang terjadi di Kabupaten Lingga, yang baru berusia empat tahun. Tidak tanggung-tanggung jumlah angka korupsi ini mencapai angka Rp 248,197 miliar dan ini yang pertama kali terjadi di Indonesia.

“Angka fantastis, empat tahun Kabupaten Lingga yang terbentuk berdasarkan UU No 31/2004 tanggal 18 Desember 2003, disinyalir telah melakukan korupsi luar biasa,” ujar Idrus Ahmad, sosok kritikus pengungkapan kasus-kasus korupsi di Lingga menjawab Batam Today, kemarin.

Dia menjelaskan korupsi di Lingga sudah merajalela dan ironi, para pejabat di Lingga tidak pernah mengakui hal itu. Idrus meminta penegak hukum agar pro aktif untuk melakukan pengusutan atas menguapnya uang rakyat ke kantong oknum-oknum pejabat.

Senada dengan Idrus, Ketua Forum Kerukunan Masyarakat Singkep, Bakhtiar Badri, menegaskan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah harus mendukung pengungkapan kasus penyalahgunaan uang rakyat khususnya di Lingga. Sebab, kata dia, Gubernur adalah perpanjangan tangan pusat untuk mengawasi jalannya pemerintahan kabupaten/kota.

Dia (gubernur-red) harus tegas, jangan hanya bicara retorika. “Bila perlu saya akan melaporkan bawahan yang terlibat korupsi dan melindungi warga yang melapor, ujar Ismeth yang rilis di beberapa koran daerah ” ucapan itu harus dibuktikan. Beri izin agar penegak hukum dapat memeriksa siapa saja termasuk Bupati Lingga yang dituding telah korupsi agar tidak terjadi semacam penghakiman sepihak,” imbuhnya.

Data yang diperoleh Batam Today, sebanyak 27 kasus dugaan korupsi telah terjadi di Pemkab Lingga selama empat tahun sejak dibentuk sesuai UU No 31/2004, dengan taksiran kerugian negara mencapai Rp 248.197.766.995,-. Dan sebanyak 2 kasus dari 27 kasus sudah masuk ke tahap penyidikan dengan lima orang tersangka saat ini ditahan Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

Adapun 27 kasus itu adalah tahun 2004 sebanyak 4 kasus, dugaan kerugian negara Rp 2,748 miliar, tahun 2005 sebanyak 9 kasus dengan taksiran kerugian negara Rp 207,667 miliar dan terbesar nilai kerugian terbesar pada dugaan illegal logging PT SSLP dengan kerugian negara versi penyidik Polda Kepri Rp 200 miliar.

Pada tahun 2006, sebanyak 7 kasus dengan taksiran kerugian negara Rp 15,494 miliar, satu kasus kini sudah masuk tahap penyidikan dugaan korupsi pengadaan PDH di Disdik Lingga. Tahun 2007 sebanyak 7 kasus, dengan taksiran kerugian negara Rp 22,197 miliar dan satu kasus sudah masuk tahap penyidikan yaitu bimbingan belajar ujian nasional SLTP/SLTA tahun 2007.(btd/Redaksi)

3 Responses to “Fantatis, 4 Tahun Kabupaten Lingga, Dugaan Korupsi Capai Rp 248 Miliar”

  1. limpo50

    pertanda negeri ini kaya….
    sisa bagaimana menang KAPI mereka yang nyolong. Lalu bangunlah negeriku …bangunlah rakyatnya untuk Indonesia Raya

    • yanlie2007

      Terima Kasih Kunjungannya.
      Kabupaten Lingga Mah kebal Hukum buktinya laporan korupsi udah di sampaikan lansgung oleh ketua DPRD alis wello langsung ke Ketua KPK Antasri Azhar udah itu dari LSM BPN.ampe pegel x mereka melapor tapi tangapannya………………………………………………………………………………………..

  2. apisca

    memilih wakil rakyat tidak boleh gegabah mumpung mau pemilu jangan pilih wakil rakyat yang korup lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s